• Berita
  • Nov 03, 2020
  • Tirta Utama

Konsep Manajemen PT KAI Perlu Ditiru PDAB Tirta Utama

YOGYAKARTA – Panitia Khusus (Pansus) Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) DPRD Provinsi Jawa Tengah  melakukan penguatan data ke PT KAI Daop VI Yogyakarta, Rabu (21/10/2020). 

Rombongan dipimpin oleh Mustholih selaku wakil ketua pansus dan didampingi oleh Amir Thohari, SH selaku Direktur Umum dan Keuangan PDAB Tirta Utama Jawa Tengah serta Direktur Teknik Anom Guritno.

Mustholih menyatakan, dipilihnya perusahaan kereta api nasional itu untuk mengetahui konsep pengelolaan manajemen perusahaan supaya dapat dicontoh PDAB Tirta Utama. Selama ini PT KAI mampu menunjukkan kinerja yang maksimal di sektor pelayanan umum.

“PT KAI mampu melakukan revolusi perusahaan, dulu perusahaan yang merugi sekarang justru sangat profit. Cara-cara apa yang dilakukan bisa kita jadikan bahan untuk masuk dalam perda ini nanti. Mudah-mudahanan perusahaan di daerah kita bisa seperti  PT KAI ini  dalam hal managemen dan pelayannnya, karena PT KAI dan PDAB merupakan perusahaan yang sama-sama bergerak dibidang pelayanan umum,”
 ucapnya.  Dalam kunjungan itu rombongan diterima langsung oleh Deputi  Executive Vice President (DEVP) Daop VI  Ari Mulyono.  

Dalam pertemuan itu, pihak PT KAI menerapkan protokol kesehata yang sangat ketat. Bahkan untuk bisa bertemu saja, mereka meminta hasil rapid test dari masing-masing peserta rombongan terlebih dari anggota DPRD. 

Dengan menerapkan protokol kesehtan yang ketat, semua anggota pansus harus menunjukkan hasil rapid. Perrtemuan yang hanya diwakili dari beberapa anggota pansus yang terdiri dari perwakilan semua fraksi ini dilakukan di ruang khusus.

Sementara Ari merasa sangat bangga sekaligus merasa sedih. Menjadi kebanggaan karena mendapat kunjungan dari DPRD Provinsi Jawa Tengah. Pihaknya sedih karena dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat menjadikan semua anggota pansus tidak bisa ikut dalam pertemuan tersebut. 

Pertemuan tersebut membahas berbagai macam hal, seperti cara mengembangkan perusahan daerah. Kiat apa yang harus dilakukan, serta bagaimana berkembang dari berbagai sisi, dari pengelolaan SDM, pengelolaan anggaran serta pelayanan yang baik kepada masyarakat dan kini semakin berkembang serta dipercaya oleh masyarakat.

(dprd.jatengprov.go.id)